Gabungnya TGB ke Golkar Dinilai Akan Untungkan Jokowi-Ma'ruf

Bergabungnya mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Madji atau Tuan Guru Bajang ( TGB) ke Partai Golkar dinilai akan menguntungkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Sebab, kekuatan Partai Golkar sebagai partai pemenang kedua pada Pemilu 2014 akan bertambah dengan masuknya TGB. Apalagi, TGB diberi jabatan Ketua Koordinator Bidang Keumatan DPP Golkar. "Golkar sebagai partai 3 besar, dengan hadirnya TGB, bisa melakukan banyak sekali manuver untuk memperkuat keumatan dan bisa menolong Jokowi-Ma'ruf menang," ujar pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, ketika dihubungi, Selasa (25/12/2018).

Menurut Hendri, bidang keumatan menjadi spesialisasi seorang TGB. Mantan politisi Partai Demokrat yang juga seorang ulama tersebut pasti punya daya magnet sendiri bagi Partai Golkar dan Jokowi-Ma'ruf. "Dengan jaringan yang dimiliki Golkar dan jaringan yang dimiliki TGB seperti jaringan (alumni) Al-Azhar, Nahdlatul Wathon, itu pasti akan membentuk kekuatan yang lebih besar nantinya," ujar Hendri. Sebelumnya, TGB resmi diperkenalkan sebagai kader Partai Golkar dalam forum silaturahim, Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Setelah resmi bergabung, TGB langsung mendapatkan dua jabatan sekaligus meski baru bergabung ke dalam Partai Golkar. Jabatan pertama yang diemban TGB adalah Ketua Koordinator Bidang Keumatan DPP Golkar. Bidang ini adalah struktur yang baru diciptakan khusus setelah TGB menyatakan bergabung dalam keluarga besar partai beringin. Selain itu, mantan kader Partai Demokrat ini langsung dipercaya menjabat Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden DPP Golkar.

Penulis : Jessi Carina
Editor : Dian Maharani
Sumber : kompas.com

Posting Komentar

0 Komentar