TKN: Amien Rais Mengigau Sebut Jokowi Otoriter, Kekanak-kanakan!


Ace Hasan Syadzily (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut ada tiga ciri otoriterisme pada pemerintahan Jokowi. Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menyebut Amien Rais sebagai oposisi kekanak-kanakan.

"Sebagai bekas profesor ilmu politik, Pak Amien Rais seharusnya tahu tentang prasyarat negara otoriter itu. Tidak bisa sekadar menyampaikan pernyataan tak mendasar, namun harus didasarkan realitas objektif. Kita ini negara yang sudah menerapkan demokrasi. Pernyataan beliau seperti ngigau dengan menyebut Pak Jokowi otoriter," kata Ace kepada wartawan, Selasa (15/1/2019).

"Sebelum menuduh orang lain otoriter, alangkah lebih baik jika Pak Amien Rais perlu bercermin pada dirinya sendiri. Siapakah yang memiliki karakter otoriter, patronase, dan nepotisme? Bagaimana sikapnya menghadapi pihak-pihak yang berseberangan dengan posisi politiknya. Kita semua juga tahu bagaimana beliau membangun patronase politik itu," imbuh Ace.

Baca Juga : TKN: Jokowi Komitmen terhadap HAM, Kontras dengan Prabowo

Bagi Ace, Amien Rais menutup mata atas penggunaan politik identitas dan politik kebencian kepada Jokowi. Kubu Prabowo, kata Ace, menganggap politik sebagai ruang permusuhan, bahkan arena perang. 

"Wacana ini justru sering diangkat oleh Amien Rais. Salah satunya menyebut 'Partai Setan' versus 'Partai Allah'. Ini jelas pembodohan politik bagi rakyat dari politisi kekanak-kanakan seperti Amien Rais," ulas politikus Golkar ini.

Baca Juga : TKN Nilai Pernyataan Prabowo akan Mundur Bila ada Kecuranganuntuk Alibi

Ace menyebut Prabowo dan Amien Rais memusuhi pers, pilar demokrasi keempat. Ketika media memberitakan kebenaran dan mempertanyakan klaim sepihak dari oposisi, masih kata Ace, justru Prabowo dkk memusuhi dan merendahkan profesi wartawan.

"Jadi siapa yang sesungguhnya otoriter kepada media? Pak Amien Rais secara otoriter menuduh pemerintah dan bahkan Istana terlibat dalam korupsi skala besar. Pak Jokowi dianggapnya tidak berani melawan mafia. Ini tuduhan yang serius yang harus dipertanggungjawabkan oleh beliau. Menanggapi tuduhan tanpa dasar ini, pertanyaan yang paling mendasar pada Pak Amien Rais, siapa sesungguhnya mafia yang dimaksud itu? Baik mafia migas sampai mafia perizinan hutan," kata Ace.

"Sebagai politisi muda, dengan segala hormat, saya menyayangkan Pak Amien Rais yang memiliki reputasi harum di masa lalu tapi justru berubah menjadi oposisi kekanak-kanakan," pungkas Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu. 

Sumber : detik.com

Posting Komentar

0 Komentar