TKN Soal Tema Debat Kedua: Rakyat Perbatasan Bangga di Era Jokowi

Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily (Foto: dok. pribadi)

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin optimistis sang capres mampu tampil maksimal di debat kedua Pilpres 2019. Menurut TKN, tema debat kedua yang di antaranya meliputi isu energi dan infrastruktur sangat dikuasai Jokowi.

"Boleh dikatakan tema debat II ini Jokowi banget, terutama tentang infrastruktur," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Apalagi, kata Ace, Jokowi tak hanya sekadar memaparkan janji. Dia mengatakan Jokowi akan menyebutkan capaian kinerja pemerintah.
"Perubahan yang paling nyata adalah di bidang infrastruktur. Dalam lebih dari empat tahun, Pak Jokowi meletakkan paradigma pembangunan Indonesiasentris. Membangun infrastruktur bukan hanya di Jawa, tetapi di seluruh pelosok Indonesia, di perbatasan, di kawasan pinggiran, di pulau terdepan, maupun di kawasan terisolir," ujar Ace.

"Baru di era Pak Jokowi, rakyat di perbatasan bangga menjadi warga negara Indonesia karena kawasan perbatasan ditempatkan sebagai beranda terdepan Indonesia," imbuh dia.

Politikus Golkar itu kemudian memaparkan data pembangunan di era Jokowi. Tak hanya tol atau bendungan, Ace menyebut Jokowi juga membangun infrastruktur dasar yang dibutuhkan rakyat.

Baca Juga: Ma'rufSebut Pilpres Selesai, TKN Bicara Pengaruh Alumni Mesir TGB dkk

"Pak Jokowi juga membangun infrastruktur dasar yang dibutuhkan rakyat: penyediaan air bersih (SPAM), pembangunan jalan desa, MCK, dan juga infrastruktur dasar yang lain," jelas Ace.

Dalam debat, Jokowi juga disebutkan akan menyampaikan visinya ketika memimpin RI 2019-2024. Ace mengatakan Jokowi akan meningkatkan nilai tambah dari pemanfaatan infrastruktur. Ace juga menyebut Jokowi tak hanya akan mengandalkan ABPN dalam melanjutkan pembangunan.

"Pak Jokowi akan meningkatkan nilai tambah dari pemanfaatan infrastruktur. Caranya? Mengintegrasikan pembangunan infrastruktur dengan pengembangan ekonomi kawasan,dengan sentra-sentra ekonomi, dengan kawasan perdesaan, dan pengembangan ekonomi digital serta memperbesar manfaat infrastruktur bagi UMKM," jelasnya.

"Dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur agar lebih merata, Pak Jokowi tidak hanya mengandalkan dana APBN tapi juga mengembangkan pembiayaan kreatif dan inovatif yg melibatkan swasta, BUMN, dan BUMD," lanjut Ace.

Baca Juga: Jokowi Unggul 24% di Survei Celebes, TKN: Semakin Tak Tertandingi

Ia lantas menyindir kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang kerap mencibir pembangunan infrastruktur Jokowi. Ace menjelaskan pembangunan infrastruktur bermanfaat untuk memperlancar konektivitas, membangun lapangan kerja, hingga mempersatukan bangsa.

Ace pun menyebut Jokowi sudah menyiapkan serangan tajam untuk menjawab isu itu.

"Merespons keberhasilan pembangunan infrastruktur yang luar biasa dalam waktu yang pendek, kubu 02 pasti akan nyinyir pada hal-hal yang klise soal dominasi BUMN dalam pembangunan infrastruktur, soal pembiayaan infrastruktur yang disebut mereka banyak dari sumber utang, soal kemahalan biaya infrastruktur, kualitas infrastruktur sampai dengan kasus-kasus korupsi dalam proyek infrastruktur. Pak Jokowi sudah sangat siap dengan serangan itu, bahkan akan membuat serangan balik yang sangat tajam," tutur Ace.

Debat kedua akan digelar pada Minggu (17/2) di Hotel Sultan, Jakarta. Debat antar kandidat capres ini mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur.

detik.com

Posting Komentar

0 Komentar