TKN Jokowi Tuding Prabowo Gunakan Konsultan Donald Trump dan Rusia

Ace bersama Ma'ruf Amin. (Foto: dok. TKN Jokowi-Amin)

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin kembali memberi tudingan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno soal konsultan asing. Pihak pasangan nomor urut 01 itu menuding Prabowo-Sandiaga menggunakan jasa konsultan yang berhasil memenangkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

"Jejak digital itu bisa ditemukan dengan mudah dalam bentuk foto, video, maupun informasi-informasi di social media," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga: TKN Jokowi: Banyak Jejak Digital Prabowo Pakai Konsultan Asing

Bukan hanya menyebut nama konsultan asing yang digunakan Trump, Ace pun menuding hal lain. Menurutnya, Prabowo-Sandiaga juga menggunakan konsultan dari Rusia untuk membantu pemenangan pada Pilpres 2019.

"Selain menggunakan konsultan asing yang juga memenangkan Donald Trump, ada dugaan kuat bahwa paslon 02 juga menggunakan konsultan asing dari Rusia," tuturnya.

Soal konsultan asing ini ramai dibicarakan setelah 
Jokowi mengeluarkan pernyataan soal adanya timses yang menyiapkan propaganda semburan hoax ala Rusia. Ia menyebut persoalan politik di Indonesia yang banyak dipenuhi fitnah dan hoax itu muncul karena upaya adu domba ala asing.

Baca Juga: Sandiaga Klaim Elektabilitas Pepet Jokowi, TKN: Siapa yang Mau Percaya?

"Problemnya adalah ada tim sukses yang menyiapkan propaganda Rusia, yang setiap saat mengeluarkan semburan-semburan dusta, semburan hoax. Ini yang harus segera diluruskan Bapak-Ibu sebagai intelektual," ujar Jokowi sebelumnya.

BPN Prabowo Tegaskan Tak Pakai Konsultan Asing

Kubu Prabowo-Sandiaga sudah membantah pihaknya menggunakan konsultan asing dalam pemenangan pemilu ini. Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, berkelakar kampanye yang dilakukan pihaknya bukan ala Rusia, melainkan ala lokal Bojongkoneng, yang merupakan nama tempat tinggal Prabowo di Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Singgung Propaganda, TKN: Berkelit Ketika Ketahuan Sebar Hoax

"Kampanye kami itu ala-ala Bojongkoneng, jadi konsultannya dari Bojongkoneng. Bahkan nggak punya konsultan. Konsultannya ya di Bojongkoneng sana, yaitu Pak Prabowo sendiri. Bojongkoneng itu di Hambalang, Kabupaten Bogor, ya," tutur Dahnil.

"Jadi bohong kalau menyebut kami menggunakan konsultan Rusia. Yang benar adalah kami kampanye ala-ala Bojongkoneng. Dan kalau berdasarkan saran dari konsultan Bojongkoneng, ya khasnya harus joget-joget dikit gitu lo, joget-joget Gatotkaca," sambung eks Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.


Posting Komentar

0 Komentar