Habiskan Rp 1,4 Triliun buat Kampanye, Harta Sandiaga Uno Terkuras Sepertiga


Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan visi saat mengikuti debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Debat itu mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Jakarta - Sandiaga Uno tidak hanya calon wakil presiden, melainkan sponsor penting dalam pemenangan calon presiden Prabowo Subianto. Sandiaga pun mengaku mengeluarkan triliunan rupiah.

Dilaporkan Bloomberg, Sandiaga mengaku sudah mengeluarkan sekitar USD 100 juta atau Rp 1,4 triliun untuk pemenangan (USD 1 = Rp 14.280).

Dia pun menyebut hartanya sudah turun sekitar sepertiga. Sebagai catatan, harta Sandiaga Uno dilaporkan mencapai Rp 5 triliun.

"Jumlahnya menurun signifikan pada 2018. Saya mungkin sudah kehilangan sepertiga harta saya," ucapnya.

Jika klaim itu benar, berarti kontribusi Sandiaga Uno ke dana kampanye Prabowo telah meningkat signifikan ketimbang yang sebelumnya dilaporkan.

Pasalnya, Februari lalu Sandiaga "hanya" dilaporkan berkontribusi Rp 95,4 miliar (USD 6,7 juta) untuk pemenangan kubunya. Kontribusi Sandiaga itu tercatat mencapai 71 persen dari total dana kampanye sebesar Rp 134 miliar (USD 9,4 juta).

Ia pun mengaku tidak ambil pusing apa kata pengamat mengenainya. Fokus Sandiaga pun terpusat pada tanggal pencoblosan 17 April 2019 mendatang. Sandiaga Uno juga percaya diri ia memiliki momentum untuk menang melawan petahana.

Dana Minim, Sandiaga Tak Undang Artis di Kampanye Terbuka

Calon wakil presiden Sandiaga Uno kampanye di Jawa Barat (Foto: Tim Prabowo-Sandi)

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dijadwalkan menggelar kampanye rapat umum mulai 24 Maret hingga 13 Apri 2019. Cawapres Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya tidak akan mengundang artis ibu kota di acara kampanye terbuka ini.

"Nah ini, kita minim publik figur. Hehehe. Kita kan paket hemat sekali, pahese," ucap Sandiaga di Jalan Kertanegara Nomor 04 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 Maret 2019.

Sandi mengatakan, menghadirkan artis butuh biaya yang tidak murah. Prabowo-Sandi tak punya dana untuk hal tersebut.

"Kami minim untuk bisa mengajak publik figur yang bisa membawa masa atau menghibur. Jadi kita keliatannya belum bisa menghadirkan figur publik," ujar dia.

Prabowo-Sandiaga memulai kampanye akbar secara terpisah. Prabowo mengawali kampanye di Kota Manado dan Makassar. Sedangkan Sandiaga di Kabupaten Sragen Jawa Tengah.

0 Comments