Jokowi Siapkan Rp 40 M Beli Karet untuk Campuran Aspal


Foto: andhika/detikcom

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan penggunaan karet sebagai bahan campuran pada aspal jalan bisa diterapkan di seluruh provinsi di Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 40 miliar untuk membeli karet sebagai bahan campuran aspal yang akan diterapkan pada pembangunan jalan tahun ini.

"Kami siapkan anggaran Rp 40 miliar. Kami sudah petakan," katanya saat ditemui di Palembang, Sabtu (9/3/2019).

Adapun saat ini penerapan aspal campur karet sudah diterapkan di tiga daerah, yakni Jambi, Bekasi dan Bali. Penerapannya ada yang dilakukan di jalan tol maupun jalan nasional. Dia bilang selanjutnya akan dilakukan lagi untuk daerah-daerah lainnya.

"Selanjutnya masih beli (karet) dari Sumsel dan Lampung. Untuk Sumatera Selatan saja, yang sudah dibeli sebanyak Rp 2,6 miliar setara 3 ribu ton. Dalam bentuk karet mentah," katanya.

Lanjut Basuki, Norma, Standar, Prosedur dan Manual (NSPM) jalan yang menggunakan aspal campur karet juga sudah disampaikan lewat surat edaran Menteri PUPR. Untuk itu penerapannya diharapkan sudah sesuai dengan standar jalan yang berlaku.

"Itu sudah kami sampaikan ke Pak Menko Perekonomian dan Pak Mendagri, dia sudah rapat dengan pemda. Dia yang akan bisa implementasikan, kami yang jadi supervisinya," ungkapnya.
(eds/hns)

0 Comments