Momen Haru Saat Xanana Gusmao Cium Kening Jenguk BJ Habibie saat Sakit

Indonesia tengah berduka karena kehilangan putra terbaiknya Bacharuddin Jusuf Habibir (BJ Habibie). BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) petang pukul 18.05 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Kabar meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia tersebut pun disampaikan secara langsung oleh sang putra, Thareq Habibie Kemal.

Jenazah BJ Habibie pun telah dikebumikan pada Kamis (12/9/2019) siang di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan sekitar pukul 14.00 WIB. Tentu saja meninggalnya BJ Habibie menjadi duka mendalam tak hanya bagi keluarga tapi juga bangsa Indonesia.

Sebelum meninggal, BJ Habibie sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto sejak 1 September 2019 lalu. Tak sedikit pula para pejabat negara serta tokoh publik yang datang menjenguk Habibie.

Bahkan, Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (12/9/2019) baru-baru ini sebuah video beredar saat Xanana Gusmao datang menjenguk BJ Habibie di rumah sakit dan menjadi viral. Salah satu akun Twitter yang turut serta mengunggah video saat Xanana datang menjenguk ialah akun @KatolikG.

Xanana Gusmao cium kening BJ Habibie dan mereka berangkulan

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @KatolikG pada Kamis (12/9/2019) siang, memperlihatkan Xanana Gusmao tengah menjenguk BJ Habibie yang terbaring lemah di ranjang rumah sakit. Pada video tersebut Xanana Gusmao terlihat duduk di sebelah ranjang BJ Habibie sambil menepuk-nepuk dada dari Presiden Indonesia ke-3.

Xanana Gusmao juga terlihat tengah menjalin komunikasi dengan BJ Habibie. Bahkan, tak lama setelah Xanana Gusmao menyempaikan pesan, dirinya juga terlihat mencium kening dari BJ Habibie. Tak sampai disitu saja, bahkan BJ Habibie pun membiarkan mantan Perdana Menteri Timor Leste membaringkan kepalanya di dada Habibie. Tentu saja video yang memperlihatkan kedekatan Xanana Gusmao dan BJ Habibie tersebut menjadi sorotan netizen.


Mantan Tahanan Politik

Xanana Gusmao merupakan seorang mantan gerilyawan yang turut berjuang dengan para pejuang Timor Leste lainnya untuk melawan pemerintahan Indonesia. Ia juga turut serta menjadi pemimpin pasukan gerilya dan ditangkap pada tahun 1992 silam. Bahkan, Xanana harus menjadi tahanan polik selama 7 tahun.

Xanana Gusmao sendiri dibebaskan saat masa pemerintahan BJ Habibie. Hal inilah yang membuat nama BJ Habibie menjadi begitu berarti bagi Xanana Gusmao dan masyarakat Timor Leste lainnya. Selain itu, Saat mengetahui BJ Habibie meninggal dunia, tokoh pilitik Timor Leste tersebut juga mengirimkan karangan bunga bela sungkawa di rumah duka Habibie.

Reaksi Netizen

Video yang memperlihatkan Xanana Gusmao tengah mencium kening dari BJ Habibie pun menjadi sorotan netizen. Tak sedikit pula netizen yang turut memberi komentar terhadap unggahan video tersebut.

“Pada sudut pandang Timor Leste, Pak Habibie adalah pahlawan. Video yg penuh haru. Sekali lagi, selamat jalan, Pak” ujar akun @lintang507

“sangat mengharukan melihat pelukan dan ciuman Xanana sebagai sahabat almarhum... dari almarhum kita belajar bagaimana mencintai dgn sepenuh hati, memberi dengan ketulusan dan berbakti bagi bangsa dan negara dengan segenap jiwa raga ,” tulis akun @hkushardanto.

“Video terbaik yg sy lihat sepekan ini.. Penuh arti.. penuh makna.... Semoga bs menjadi "arti" yg beragam tp positif bagi kita semua” tulis akun @Iyo63579667.

https://hot.liputan6.com/read/4061289/xanana-gusmao-cium-kening-jenguk-bj-habibie-saat-sakit-ini-bikin-haru

0 Comments